Training

TEKNIK SAMPLING AIR, TANAH DAN UDARA – Sertifikasi BNSP

TEKNIK SAMPLING AIR, TANAH DAN UDARA

Yogyakarta | 02 – 04 Juli 2018 | Rp 10.500.000 per peserta

 

 

Pendahuluan

            Permasalahan lingkungan hidup masih menjadi fenomena yang membutuhkan perhatian khusus. Pemantauan kualitas lingkungan, seperti air baik air limbah, air permukaan, air minum, dan air tanah membutuhkan kecermatan mulai dari pemilihan strategi sampling, teknik sampling, penanganan contoh uji, pemilihan metode uji, pengujian di laboratorium sampai pengolahan data hasil uji. Untuk memastikan jaminan mutu hasil uji, maka pekerjaan ini harus dilakukan oleh personel yang kompeten. Paket ini dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi personel dalam melaksanakan pengambilan contoh lingkungan dan pengujian kualitas lingkungan yang meliputi teknik pengambilan dan analisis contoh air, tanah dan udara. Pelatihan ini dirancang dengan kurikulum berbasis kompetensi mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Jasa Pengujian Laboratorium yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 347 tahun 2015.  Pelatihan ini sangat relevan dengan pemenuhan kebutuhan pelatihan dan sertifikasi kompetesi personel laboratorium sebagai persyaratan wajib dalam sistem mananejem mutu laboratorium pengujian dan kalibrasi ISO/IEC 17025.

Peserta pelatihan sekaligus mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi kompetensi di bidang pengujian kimia melalui uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga yang telah mendapatkan lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi kompetensi ini bertujuan untuk memastikan dan memelihara kompetensi petugas pengambil contoh lingkungan. Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP sehingga dapat dipastikan dalam menjalankan tugasnya dapat memberikan jaminan hasil pengujian di laboratorium.

Tujuan

  1. Memberikan pelatihan berbasis kompetensi dalam pengambilan sampel lingkungan
  2. Memberikan layanan sertifikasi pada skema petugas pengambil contoh lingkungan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi

 

Sasaran Peserta

Pelatihan ini dapat diikuti oleh praktisi petugas pengambil sampel yang berasal dari kalangan praktisi industri dan instansi pemerintah, pranata laboratorium pendidikan, guru SMK, dan dosen

Materi Pelatihan

  1. Strategi dan teknik sampling lingkungan
  2. Pengenalan peralatan dan teknik sampling air, tanah dan udara
  3. Pengendalian dan jaminan mutu pengambilan contoh dan pengujian kualitas lingkungan

Metode Pelatihan

Presentasi, diskusi, simulasi, studi kasus

 

Narasumber

Thorikul Huda, M.Sc./Yuli Rohyami, M.Sc.

 

 

Sertifikasi

Sertifikasi kompetensi dilaksanakan melalui uji kompetensi bagi peserta yang belum berpengalaman. Uji kompetensi dilaksanakan dengan tes tulis, tes lisan dan praktik. Bagi peserta yang telah berpengalaman minimal 2 tahun, sertifikasi dilaksanakan dengan portofolio dan wawancara. Peserta dapat memilih skema sertifikasi yang ditawarkan.

 

 

Investasi dan Fasilitas

  • 10.500.000,- (Non Residential dan belum termasuk pajak)
  • Quota minimum 2 peserta
  • Fasilitas : Certificate,Training kits, USB, Lunch, Coffe Break, Souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)

 

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

About the Author:

Post a Comment